Cara Ganti Screen LCD Laptop Sendiri

Tags: diy, asus, a450c, ganti, screen, lcd, led, layar, monitor, rusak

Category: Do It Yourself, Hardware

LCD laptop rusak

Peringatan! Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau hal-hal lain dan efek samping yang mungkin terjadi pada saat / setelah mempraktekkan tutorial di bawah ini

Tidak dapat dipungkiri bahwa hardware mempunyai umurnya sendiri. Kita tidak dapat menghindarinya jika takdir telah menjemput. Ha!

Sama seperti laptop, merupakan gawai penting dan vital bagi saya pribadi dan sebagian orang lainnya. Dan hal yang paling menyebalkan adalah ketika LCD/LED/Layar laptop kita tiba-tiba bermasalah, muncul garis-garis ga jelas, blank putih/hitam, dan lain sebagainya.

Dalam post pertama saya ini, saya akan menjelaskan tutorial mengganti Layar LCD / LED Laptop tanpa harus ke tukang reparasi komputer. Yang tentunya akan memangkas biaya perbaikan hingga 500 RIBU!.

Perlu diketahui bahwa harga LCD/LED Generic (bisa dipasang asal cocok) dipasaran adalah sekitar 500rb - 1jt tergantung dari berbagai hal. Jika sekalian pasang, mungkin akan menjadi 1jt - 1,5jt. Cukup jauh bukan? Sebenarnya mengganti layar laptop itu gak susah-susah amat tapi juga gak gampang-gampang amat. Mari kita simak langkah-langkahnya:

  1. Cari tau sumber kerusakan. Karena masalah pada layar tidak 100% pada panelnya. Mungkin juga akibat kabel konektornya (atau yang sering disebut kabel flexible/flexi/flex LCD). Gejala yang muncul biasanya layar blank dan kedip-kedip, khususnya ketika digerakkan.
  2. Jika sudah pasti akibat panel LCD/LED nya, maka coba cari tau jenis socket pada panelnya, apakah 30 pin atau 40 pin, tebal atau slim, dan posisi socket sebelah kiri atau kanan. Ada beberapa cara mencari tau hal ini:
    • Googling merk dan jenis laptopnya lengkap beserta angka/huruf dibelakangnya. Contoh Link: Asus A450C (Awalan A dan C pada A450C sangat penting)
    • Cari di Marketplace online, biasanya ketika mencari lewat Google pun bakal diberi link marketplace
    • Langsung Bongkar layar laptopnya, hitung jumlah pin nya dan lihat posisi socketnya. Untuk tutorial bongkarnya, lihat step 4.
    • Setelah dibongkar, masih bingung? Bawa panel tsb ke toko komputer terdekat, kali aja dapat harga yang cocok. Walaupun ga ada ya setidaknya udah punya informasi penting mengenai jenis panelnya.
      Perbedaan Socket Panel
  3. Informasi panel sudah diketahui? Lanjut belanja panelnya berdasarkan informasi yang didapat.
  4. Bongkar bagian screen laptopnya. Pastikan segala kelistrikan telah dilepas seperti Kabel charger dan baterai. Untuk alat-alat yang digunakan adalah sbb:
    • Obeng + ukuran kecil
    • Obeng - plastik atau sejenisnya, saya gak tau namanya apa hahaha (bisa juga pake pick gitar ukuran 1mm tebal)
      Setelah panel dibuka
  5. Cari tutorial bongkar laptop dengan jenis yang sama di Youtube. Lakukan dengan hati-hati tapi yakin. Bisa dengan kata kunci bahasa Inggris seperti "Asus A450C Disassemble". Singkatnya seperti ini:
    • Buka dua baut tersembunyi di kiri-kanan laptop. Mungkin juga di bawah atau dimanapun dan coba temukan
    • Setelah baut-baut tsb dibuka, coba congkel bagian atas layar. Jika berhasil masukkan obeng plastik dan geser ke kiri dan kanan. Jangan takut dengan suara pletak pletak, itu normal dan expected.
    • Setelah kebuka semua, buka baut-baut panel, cabut konektornya, ganti dengan panel baru, sambungkan konektor, langsung test dulu.
    • Jika layar nyala seperti yang diharapkan, selanjutnya pasang kembali baut-bautnya dan penutupnya
  6. Selesai. Semoga bermanfaat.

No Comments

Add a Comment